SETEL SENDIRI KLEP SATRIA F150 agar mesin tidak berisik

Kali ini saya ingin berbagi ke Brow para FuHolic, tentang bagaimana cara setel klep suzuki satria FU. Satria F150 atau biasa disebut juga Satria fu yang bermesin DOHC(Double Over-head Camshaft) Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis.  Ini juga yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan  penyetelan klep pada satria f150. 

Sebenarnya skir klep untuk motor ini sah sah aja dilakuin asalkan setelah diskir celah kerenggangan disesuaikan lagi. Langsung aja gimana langkah-langkahnya...
  1. Buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas.
  2. Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in bekerja. Intip dari blok magnet.  hingga terlihat huruf T pada magnet. Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas.
  3. Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya.

  4. Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in  0.20-0.30 untuk klep ex.  Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya..  Selengkapnya liat langsung disini....

8 comments:

  1. gan mksh ats info nya. ..
    gan mtr ane fu jg.kmrn mtr ane gk bsa idup pas d lihat d samping kri mesin yg ada buletan buat ngntip itu.trnyata baut yg copot lmayan gde sih baut nya.kira2 itu apanya yg kna yah.ane blm bwa k bengkel...
    mksh.

    ReplyDelete
  2. http://www.facebook.com/profile.php?id=100002533922468



    add fb ane gan,, ane anggota SSFC (suzuki satria f 150 club) kita share bareng,, :)

    ReplyDelete
  3. satria fu 13 saya ga stabil kalo main kopling ato netral.kadang2 mesin sampai mati,trus penyakit nembak ada walaupun jarang.

    intinya mesin mati pada saat kopling ditarik,gas dilepas.:capedes

    please help me

    ReplyDelete
  4. satria fu 13 saya ga stabil kalo main kopling ato netral.kadang2 mesin sampai mati,trus penyakit nembak ada walaupun jarang.

    intinya mesin mati pada saat kopling ditarik,gas dilepas.:capedes

    please help me

    ReplyDelete
  5. gan klo untuk penggantian rantai kecil apa musti klepx di stel lg gan.??

    ReplyDelete
  6. gan klo untuk penggantian rantai kecil apakah klepx musti di stel lg gan.?

    ReplyDelete
  7. gan motor ane fu ,, knapa ya tarikan fu saya gk ada larinya pada putaran atas,,,
    ogah-ogahan naik,,apa ada pengaruh dari klep ?? butuh bantuannya dong...

    ReplyDelete